Harus Tahu Dulu

Mengapa terkadang kita lupa akan satu hal ini.Tapi apakah demi gengsi saja, hal ini terlupa?

Sore itu saya berkunjung ke rumah teman, ceritanya mengambil tagihan listrik yang belum lunas.Tidak ada maksud apa-apa, setelah ngobrol ngalor ngidul barulah ada makna yang saya simpan untuk bekal tema tulisan saya kali ini.Sederhana saja, temanya harus tahu.

Dia mendapatkan order dari tempatnya bekerja, pembuatan ornament atau pernik-pernik cinderamata untuk Australia.Sungguh, penantian yang tidak sia-sia.Kesibukannyapun bertambah, dan tentu saja dia tidak mau melewatkan kesempatan emas yang (mungkin) tidak akan datang kali yang kedua.

Pelajaran yang menarik, dan ada kemungkinan ada diantara Anda yang juga seringkali mengalaminya.Pertama kali dia dididik untuk membuat sampel, mulai dari pencarian bahan, mengenal kualitas bahan, menggambar motif, design,  proses pembuatan cinderamata tersebut, hingga finishing product.Tentu saja hal itu membutuhkan sebuah semangat yang luar biasa.Bayangkan saja, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham.Proses itu terus dijalani hingga akhirnya membuahkan hasil.

Ada satu alasan yang disampaikan, kenapa kita harus melalui tahapan-tahapan itu.
Jawabnya sesuai judul : harus tahu dulu.

Dengan turunnya order, otomatis pekerjaan semakin banyak, butuh orang-orang yang bisa membantu kita.Untuk dapat memperkerjakan mereka dengan benar, kita harus memberi contoh, memberitahu, mendampingi, supaya hasil kerja mereka tidak sia-sia dan sesuai dengan grade yang ditentukan.Untuk dapat memberi contoh, memberitahu, dan mendampingi itulah,  kita terlebih dahulu tahu.
Dan coba bayangkan, dari satu menjadi lima, menjadi sepuluh, menjadi lima belas, menjadi dua puluh orang untuk satu pengetahuan yang kita punya.

Itulah hebatnya pengetahuan, itulah ampuhnya ilmu.Awal sari keberhasilan seseorang, karena dia punya ilmu, karena dia punya pengetahuan.Dan saya rasa pengetahuan ini tidak akan habis ditelan zaman.

Berbagi ilmu, sudahkah?

2 komentar:

Cara Membuat Blog mengatakan...

setuju, untuk dapat mendelegasikan, mengatur, memerintah harusnya kita tahu dulu .. minimal apa yang kita suruh, agar yang disuruh tahu apa yang harus dilakukan.

Cara Membuat Website

Q - Kiss mengatakan...

yes,terima kasih sudah mampir

 
Copyright © Jejak Berirama Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur